• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Monday, December 24, 2012

Independent Clause

5:21 PM // by Unknown // // No comments


Pengertian Independent Clause

  • Independent clause adalah kelompok kata yang mengandung subject dan verb  serta mengungkapkan suatu pikiran yang utuh.
  • Berbeda dengan dependent clause, klausa ini dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat dan tidak diawali dengansubordinator berupa relative pronoun maupun conjunction.
  • Adapun tipe kalimat yang terdiri dari satu independent clause disebut simple sentence. Klausa ini dapat pula dikombinasikan dengan independent clause yang lain untuk membentuk compound sentence atau dengandependent untuk membentuk complex sentence.

Independent Clause: Suatu Pikiran yang Utuh

Untuk mengungkapkan suatu pikiran yang utuh, independent clause memiliki verb dan/tanpa modifier(s) dan kata-kata lain berupa objectVerbmodifier, dan object tersebut berfungsi sebagai predicate yang menerangkan subject. Beberapa tipe independent clause yang sering digunakan antara lain: independent clause dengan transitive verb, dengan intransitive verb, dan dengan linking verb. Penjelasan singkat dan contoh independent clause -nya adalah sebagai berikut.
TipePenjelasanContoh Independent Clause
Transitive verb
(hit, kick, touch, etc)
klausa dengan transitive verb menerangkan bahwa subjectmelakukan suatu aksi terhadap direct object. Dengan demikian, untuk membentuk suatu pikiran yang lengkap, klausa dengan verb ini memerlukan object.The boy kicked the can to the street.
(Anak tersebut menendang kaleng ke jalan.)
Intransitive verb
(eat, sit, cry, etc)
klausa dengan intransitive verb menerangkan bahwa subject melakukan aksi tanpa melibatkan direct object Dengan demikian, untuk membentuk suatu pikiran yang lengkap, klausa dengan verb ini tidak memerlukan object.The students always arrive on time.
(Para murid selalu datang tepat waktu.)
Linking verb
(feel, is, appear, etc)
klausa dengan linking verb biasanya menerangkan bahwa subject memiliki deskripsi tertentu. Untuk membentuk deskripsi tersebut, dibutuhkan subject of complement.The workers are diligent.
(Para pekerja tersebut rajin.)

Independent + Independent = Compound Sentence

Sebagai variasi pada suatu tulisan, dua atau lebih independent clause dapat dikombinasikan menjadi compound sentence untuk membentuk kalimat yang lebih panjangUntuk menggabungkannya, kamu dapat memilih dengan menggunakan marker word berupa coordinate conjunctionconjunctive adverb, atau semicolon (titik koma) saja. Tipe penggabungan ini disebut coordination. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.
Marker WordRumusCompound Sentence
Coordinate conjunction (for, and, nor, but, or, yet, so)IC1, coordinate conjunction IC2The book is thick, yet the text is small.
(Buku tersebut tebal, namun tulisannya kecil.)
Conjunctive adverb (furthermore, however, therefore, etc)IC1; conjunctive adverb, IC2Kiwifruits are widely cultivated in New Zealand;furthermore, they are distributed to our country.
(Buah kiwi dibudidaya secara luas di New Zealand. Tambahan lagi, mereka didistribusikan ke negara kita.)
SemicolonIC1; IC2It’s yours; It’s not his.
(Itu milikmu; Itu bukan miliknya.)
Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan.

0 comments:

Post a Comment